Minggu, 10 Maret 2013

Tips Penyelamatan pada Gadget saat kemasukan air


Pernahkah mengalami gadget kamu kemasukan air?? Jika suatu saat gadget kamu mati karena secara tidak sengaja kemasukan air, entah itu kehujanan, masuk westafel, Mangkok bakso, akuarium, sumur, botol kecap (kalau ini kebangetan), toilet atau apapun, JANGAN PANIK DULU. Tenang!!!. Dengan sedikit keberuntungan dan beberapa tips dibawah ini mungkin saja kamu bisa menyelamatkan gadget kesayanganmu tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut, dan ada baiknya berdoa terlebih dahulu.

Langkah 1: Matikan Daya
Segera setelah tahu kalau hapemu
terkena air segera matikan daya yang ada, Copot baterai dan matikan dengan semua yang terhubung dengan listrik. Langkah ini sangat membantu untuk mencegah kemungkinan kerusakan menyebar kemana-mana dan jangan buru-buru untuk mencoba menyalakannya.

Langkah 2: Buka semua aliran udara
Setelah power dicopot, buka semua aliran udara yang mungkin untuk jalan keluar angin. Simcard, MMC, Headphone dan semua yang mungkin dicopot, copot aja. Sedikit gerakan menggedok-gedokkan akan sangat membantu agar air keluar, tapi hati-hati melakukannya salah-salah cara ini malah membuat air masuk semakin dalam. Oh iya, perlu diingat untuk memilih objek yang empuk untuk menggedok-gedokkan seperti udara, kasur atau apapun yang empuk. Dan sekali-sekali mencoba memilih objek yang keras seperti besi atau meja, yah pokoknya jangan.

Langkah 3: Sedot airnya
Jika ada gunakan vacum cleaner atau apapun untuk menyedot. Jangan gunakan kipas angin atau hairdryer, karena alat tersebut berguna untuk meniup bukan menghisap. Ada cara yang kurang efektif apabila tidak ada alat penghisap yaitu pake mulut, tapi ini tidak begitu direkomendasikan.

Langkah 4. Keringkan
Pada langkah ketiga, adalah langkah awal untuk langkah ini. Namun dengan mengeluarkan air tidak menjamin gadget kamu tersebut benar-benar sudah kering, untuk itu perlu dilakukan upaya ini. Siapkan sebuah mangkuk berisi beras kering kemudian benamkan hape kamu tadi kedalamnya. Beras memiliki daya serap yang bagus dalam hal ini, namun beberapa situs menyarankan untuk menggunakan sereal sarapan, karena dipercaya memiliki daya serap yang bagus.

Langkah 5. Coba jalankan
Lihat selama 48 jam, cek layar hape terlebih dahulu, jika masih ada uap air masukan lagi ke dalam mangkuk. Jika kamu rasa sudah cukup kering pasang kembali baterai kedalam gadget dan coba hidupkan. (pada proses ini direkomendasikan untuk membaca doa, jadi lakukan dengan hati-hati agar doanya khusuk dan selesai).
Dan.. Jreeeeeengggggg…. Dengan sedikit keberuntungan Hape kamu akan berjalan normal seperti biasa.




(makinseru)