Sabtu, 18 Mei 2013

Sekelumit kabar tentang Minuman Keras (Jangan mau ditipu setan!)


Halo sobat! Kali ini saya akan mengabarkan sekelumit kabar berita tentang Minuman Keras (bukan es lho!? :D) yang biasa disingkat Miras. ini Terinspirasi dari sebuah peristiwa ketika saya ikut acara ronda di komplek (saya gak ikut-ikutan, sumpe dah!). Dan miris ketika melihat peredarannya seperti kembali merajalele, ekh merajalela J.
Padahal minuman keras itu banyak sekali keburukannya, baik itu dari sisi medis maupun kepada lingkungan sosial. Kalau mau mencari, ada banyak sekali yang yang membahasnya baik itu di Koran, majalah, buku dan internet.

Beberapa kabar yang akan saya kabari adalah yang pertama tentang ucapan Gubernur Jakarta, siapa lagi kalo bukan bapak Joko Widodo. Berikut saya kutip dari Kompas.com (22/02/2013) "Saya merokok aja enggak, ngopi juga enggak, apalagi minum (minuman keras)…” ujarnya. Walaupun sepele ucapan tadi, tapi ini perlu, untuk melawan pola pikir anak muda yang suka coba-coba, coba-coba biar keliatan keren, padahal khan…. Kerenan saya :p

Dimana-mana, minuman keras itu dimusuhin. Yang perangi miras Jangan takut! Kita punya banyak temen. Salah satunya, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat Kota Timika. Berikut pernyataannya seperti dikutip dari Kompas.com (03/04/2013) "...Saya mewakili Lemasa (Lembaga Masyarakat Adat Amungme) menyatakan akan melakukan sweeping penjual miras di Kota Timika selama seminggu. Ini sekaligus minta izin, karena saya sudah terlalu lama sakit hati dengan kejadian yang terus berulang di tanah Amungsa," kata Anton Alomang dalam orasinya.
Ada juga teman kita dari Makasar (Kompas, 14/04/2013) "Kami sudah laporkan toko miras ke aparat kepolisian. Hanya saja, laporan kami tak digubris. Ada apa ini, kok polisi tinggal diam? Bahkan, kami sempat datang dulu ke toko miras dan dihadang preman bayaran mereka," kata salah satu anggota FPI sambil menggunakan mikrofon.
Yang ini di Cianjur. Aduuhh… ini kelakuan pemuda gimana yak? seperti dikutip dari kompas.com (16/3/2013) "Setiap malam minggu remaja dan pemuda banyak yang mabuk di pinggir-pinggir jalan dan terlibat aksi tawuran. Geng motor semakin marak dan beringas karena mengonsumsi minuman keras," katanya. Akhirnya keresahan warga terobati ketika, massa yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (16/3/2013) menjelang malam, menggelar razia minuman keras di depot jamu yang tersebar di wilayah tersebut.

Terus… GIMANA sih kerjanya Piliso??. Aiiikh.. sampe keseleo, Polisi maksudnya!!! Eits,, Jangan salah!! Ada jua Polisi temen kita.

Ini beritanya dikutip dari kompas.com (11/03/2013) "Kami selalu mengantisipasi peredaran miras sebelum pawai ogoh-ogoh digelar,…" kata Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Buleleng, Komisaris Ida Bagus Putu Wedana Jati, di Singaraja. Dilanjutkan dengan kalimat berikut  "Berdasarkan pengalaman berbagai peristiwa sebelumnya, miras, khususnya jenis arak bali sering menjadi penyebab munculnya permasalahan hingga berimbas pada tawuran massal,". Nah loh! gimana gak syereeem tuh?

Gak kalah galak “Perang terhadap minuman keras dilakukan melalui razia di warung-warung dan memperketat peredaran minuman keras dari pabrik.” Kepala Polda Sulut Brigjen Carlo Tewu di Manado, Kamis (6/10/2011) pada Kompas (6/10/2011).

Nah! Terus, siapa musuh kita?? (ya setan laah..) "…setan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. Al Baqarah: 168). "Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu…". (QS Fathir: 6).

Setan senantiasa menipu, menyesatkan dan menjerumuskan manusia dalam keburukan
"… yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). …". QS Al An'am: 112
"Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan …". QS Al A'raf: 27

Emaangnya mau ditipu setan? Iiihh ogah la yaw!! Padahal keburukan miras telah jelas, Ingat akan larangan meminum minuman keras
Janganlah kamu meminum khamar karena khamar adalah kunci segala kejahatan”.( Hadits riwayat Ibnu Majjah.) 

Tapi kenapa yah masih ada yang mau ditipu setan? Jangan-jangan sebagian masyarakat kita belum mengetahui atau malah meremehkan akan bahaya miras! Astaga!

Kita sebagai bagian dari mayarakat tentu selayaknya peduli dengan hal tersebut. Sehingga sebagian masyarakat terutama dilingkungan kita. Lebih terjaga dari minuman keras. Dan tantangan itu tentu tidak mudah. Yang perlu di dukung oleh pemerintah sebagai pembuat keputusan dan kepolisian sebagai penegak hukum dimasyarakat.

Berbicara miras, Jadi inget lagu yang sering diputer sama tetangga sebelah rumah, kita santai sejenak yuk J tapi tetap ingat J

Sekarang tak-tak-tak-tak Ku tak mau tak mau tak-tak-tak-tak-tak Ku tak mau tak mau tak ('ku tak mau tak) Minuman keras, MIRAS! Apapun namamu, tak akan kureguk lagi. Dan tak akan ...