Jumat, 14 Juni 2013

Gempa 6,5 skala Richter mengguncang selatan Jawa


Gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala Richter, Kamis pukul 23.47 WIB, telah mengguncang kawasan selatan Jawa, termasuk Tasikmalaya, Cilacap, dan Yogyakarta.

BMKG menyebutkan bahwa gempa ini tidak menimbulkan tsunami.

Sejumlah warga Cilacap, Jawa Tengah, dikejutkan dengan gempa bumi yang terjadi pada Kamis, sekitar pukul 23.47 WIB.

Salah seorang warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Anto (36) mengaku sangat terkejut saat gempa tersebut terjadi.

"Saat itu saya baru tertidur namun tiba-tiba tempat tidurnya terasa terguncang dan lampu ikut goyang. Saya pun langsung teriak ada gempa," katanya.

Warga lainnya, Dwijo (45), mengaku langsung keluar rumah menuju halaman bersama keluarganya karena khawatir terjadi sesuatu pascagempa.

"Gempanya terasa cukup kuat. Bahkan, ada warga yang sempat memukul kentongan saat gempa terjadi," katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Purwokerto, Aris (33), menginformasikan bahwa gempa berkekuatan 6,5 skala Richter itu juga dirasakan hingga Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Gempa berkekuatan 6,5 Scala Richter juga menggetar Kota Metropolitan Jakarta Kamis tengah malam dan berlangsung beberapa menit.

Seperti dikutip dari peringatan dini tsunami yang dirilis oleh BMKG pusat, titik pusat gempa berada di koordinat 10.35 Lintang Selatan, 107.04 Bujur Timur, dan berkedalaman 57 km dari muka laut.
BMKG menyebutkan bahwa episentrum gempa ini diperkirakan berjarak 336 km BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat), 365 km BaratDaya Bandung, dan 467 km arah Tenggara Ibukota Jakarta.


(Antara)