Sabtu, 19 Oktober 2013

Menanam cabai merah besar di kebun belakang rumah

cabe cabean



Menanam cabai merah besar di kebun belakang rumah - Senang sekali rasanya ternyata bisa berbuah juga, seperti bisa dilihat digambar. Buah cabenya sudah mulai terlihat dan tumbuh. Yaaa… mudah-mudahan beberapa hari lagi sudah bisa panen.
Gambar itu saya ambil beberapa waktu yang lalu, sekarang sudah saya petik dan rasanya pedas. Yaiyalah namanya juga cabe. 

Nah! Iseng-iseng saya mencoba untuk memulai sebuah hobi baru, yaitu berkebun. Ya, ada beberapa tanaman yang saya tanam di kebun belakang rumah yang tidak seberapa besarnya. Tapi lumayan hasilnya bisa kita nikmati sendiri. Yah tahu sendiri kan. Untuk dapat merasakan sensasi pedasnya cabai, terkadang kita harus merogoh kocek lebih dalam. Karena harganya yang tidak stabil. Apalagi menjelang bulan puasa sampai lebaran, harganya bisa berapa kali lipat.

Ternyata menanam tanaman cabai tidak sulit kok! Dalam waktu 3 tiga sampai 4 empat bulan kita sudah dapat menikmati hasilnya. Dengan sekitar tiga ratus ribu rupiah, untuk bahan dan alat, saya sudah bisa memiliki puluhan bahkan jika memungkinkan hingga ratusan tanaman cabai.

Untuk memulai, yang perlu kita siapkan adalah alat dan bahan. Peralatannya adalah seperti, sekop, cangkul, gembor, botol bekas kisspr*y untuk menyemprot tanaman dan gunting. Bahan-bahannya ada polybag, tanah, tanah kompos (bisa buat sendiri), sekam dan pupuk organic cair serta yang paling utama adalah bibit cabai itu sendiri,.

Setelah siap proses yang pertama adalah persemaian. Disini saya menggunakan polybag kecil. Agak ribet memang. Bila dibandingkan menggunakan tempat persemaian yang bentuknya seperti papan.  Tapi karena bibit yang saya gunakan tidak banyak (masih coba-coba, hihihi…) akhirnya saya putuskan pakai polybag kecil.


Media persemaian bisa dibeli di toko pertanian, atau bisa juga dengan membuat campuran sekam dan tanah biasa (tanah bagian atas), saya buat perbandingan 1:1. Isi polybag sampai penuh (terisi 90%) tanam bibit kurang lebih 2cm. setelah dua sampai tiga minggu sudah bisa dipindahkan ke polybag yang besar diameter 30 cm.

Terimakasih atas kunjungannya di giemainblog, semoga informasi Menanam cabai merah besar di kebun belakang rumah bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau saran saya akan sangat senang menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar