Sabtu, 19 Oktober 2013

Windows 8.1 hadirkan kembali tombol Start

Tombol start akhirnya muncul lagi untuk menarik konsumen bermigrasi ke Windows 8.1, hehe... berikut beritanya dari antaranewsdotcom

Jakarta - Microsoft menjawab permintaan banyak pengguna Windows 8 dengan menghadirkan kembali tombol Start pada Windows 8.1 sebagai titik awal navigasi yang umum dikenal.

"Konsumen banyak yang minta adanya start button, kita listen, kita ikuti apa yg dimau oleh konsumen," kata Business Group Head Windows Division Microsoft Indonesia, Lucky Gani dalam acara Meet The New Windows, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, tampilan apps yang baru dalam Windows 8.1 juga memungkinkan pengguna untuk melihat seluruh aplikasi dan memudahkan akses melalui tombol petunjuk baru termasuk akses ke Help + Tips secara lebih cepat.

Selain itu, layar Start semakin disempurnakan dan dapat dikustomisasi dengan pilihan untuk mengubah ukuran Live Tiles, pilihan desain dan warna latar yang lebih bervariasi sehingga menjadikan perangkat Windows tampil unik dan personal. Pengguna dapat memilih cara masuk ke Windows melalui layar Start atau desktop dan tetap sinkron dengan perangkat Windows manapun sesuai akun Microsoft yang digunakan.

Microsoft juga meningkatkan fungsi pencarian pada Windows 8.1 dengan mesin pencari Bing Smart Search yang menawarkan cara termudah dalam mencari dokumen atau informasi yang dibutuhkan dari perangkat maupun web lewat tampilan yang anggun, solid dan dioptimalkan untuk sentuhan. 

"Cukup dengan menyapu atau mengetik di layar Start, apapun yang ingin dicari, maka Smart Search akan menemukannya, baik itu dokumen di PC, album foto di SkyDrive, aplikasi favorit, lagu dari koleksi Xbox Music atau website," katanya.

Lucky menambahkan Windows 8.1 menawarkan pengalaman terlengkap yang belum pernah ada sebelumnya. 

Dengan sederet aplikasi dan layanan yang muncul sejak dari layar Start, pengguna dapat melakukan apapun yang mereka sukai dengan cepat dan mudah. Menurut dia, konsumen bisa bercengkrama dengan teman melalui Skype, mengirim email melalui app Mail, menonton film atau tayangan TV di Xbox Music.  Windows 8.1 hadir dengan Internet Explorer 11 (IE11) yang cepat dan dioptimalkan untuk layar sentuh.  

Lucky menjelaskan IE11 memberi performa sentuh yang lebih baik, lebih cepat dengan rekam jejak, favorit serta setting yang tersimpan di semua perangkat Windows 8.1. Selain itu, Windows 8.1 mendukung pencetakan 3D secara native. "Artinya sistem operasi ini telah mendukung plug and play untuk printer 3D, mampu menjalankan aplikasi cetak 3D dan membaca file berformat 3D," katanya.

Perbaikan fungsi multitasking ditunjukkan dengan kemampuan Windows 8.1 dalam menampilkan dan menjalankan hingga empat aplikasi sekaligus secara berdampingan dengan ukuran window yang fleksibel. Selain itu juga terdapat dukungan terhadap multiple display yang lebih baik sehingga memungkinkan pengguna dalam meningkatkan produktivitas.

Sementara bagi para pengguna layanan penyimpanan cloud SkyDrive, dengan Windows 8.1, dikatakannya, bekerja menjadi lebih mudah karena dokumen selalu dapat diakses dari perangkat apapun termasuk membuat, menyunting, menyimpan dan berbagi dokumen dimanapun dan kapanpun dibutuhkan.

Microsoft juga memperbarui desain Windows Store agar memudahkan pengguna mencari app yang diinginkan. Penataan dan kategori baru seperti New & Rising, memudahkan pengguna untuk selalu memantau berbagai jenis app baru. Selain itu, rekomendasi Bing juga membantu mendapatkan aplikasi favorit baru. 

Di Windows 8.1, app selalu ter-update secara otomatis sehingga app selalu berada dalam versi terbaru dan terbaik, seperti Fresh Paint, yang kini juga dilengkapi dengan fitur cat air, set pensil grafit serta antarmuka yang rapi dan modern.  Aneka app baru juga memperkaya Windows Store seperti Evernote, Facebook for Windows 8.1, Hulu Plus, Adobe Photoshop Express, eBay, Netflix dan NOOK.(*)

(ANTARA News)