Sabtu, 23 Februari 2013

OS Ubuntu akan hadir khusus untuk tablet

Menarik untuk ditunggu. Perusahaan piranti lunak Canonical akan menghadirkan tampilan pengguna antar-muka (user interface) sistem operasi bersumber terbuka Ubuntu yang khusus ditujukan bagi perangkat-perangkat tablet.

Perusahaan yang berbasis di Inggris itu telah meluncurkan sistem operasi khusus tablet menyusul ketersediaan OS Ubuntu untuk ponsel pintar pada awal Januari lalu, seperti dilaporkan theverge.com.

Piranti lunak Ubuntu untuk tablet sekilas menyerupai OS Ubuntu untuk ponsel pintar dengan panel notifikasi di sisi kiri layar yang akan sembunyi jika pengguna sedang mengoperasikan tabletnya.

Tampilan layar pengguna antar-muka dan aplikasi juga dapat diakses dari televisi maupun komputer jika pengguna menghubungkan kedua perangkat itu.

Bedanya, OS Ubuntu untuk tablet dilengkapi kemampuan layar multitasking Side Stage seperti mengerjakan file dokumen sembari melakukan panggilan video.

"Desain pengguna antar-muka kami sesuai untuk tablet-tablet berukuran layar mulai tujuh inci hingga 10 dan 20 inci dengan resolusi tinggi," sebut Canonical di situs resmi mereka.

Dengan segala kemampuan OS terbarunya, Canonical belum mengumumkan produsen mitra yang akan bekerjasama untuk membuat tablet itu.

Namun, perusahaan yang didirikan Mark Shuttleworth itu telah meluncurkan foto-foto sistem operasi yang berkerja pada tablet Google Nexus 7 dan Nexus 10.



(antaranewsdotcom)