Sabtu, 02 Februari 2013

PUSHAMI dan Komisi III Sidak RS Polri, Densus 88 Kocar-kacir


JAKARTA  - Mendengar pemaparan PUSHAMI dan pengaduan keluarga korban penembakan Densus 88 terkait proses pemulangan jenazah yang bertele-tele dari pihak kepolisian, Komisi III DPR RI akhirnya melakukan sidak ke Rumah Sakit Polri, Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur.


“Komisi III memutuskan untuk segera mendampingi keluarga korban ke RS. Pihak Densus 88 dan RS kocar-kacir karena Polri sedang melakukan Raker di PTIK,” kata Direktur Pengkajian Kebijakan Publik PUSHAMI, Jaka Setiawan, Kamis (31/1/2013).


Pihak Komisi III DPR RI, bersama keluarga didampingi PUSHAMI dan Jamaah Ansharut Tauhid langsung menuju ke RS, Polri. Di tempat tersebut, mereka menggelar rapat bersama pihak RS Polri dan Densus 88.


Forum di RS tersebut sayangnya hanya membatasi  pada agenda pemulangan jenazah dan penjelasan RS atas lambatnya identifikasi dan pemulangan jenazah tanpa memberikan hak jawab kepada keluarga korban.


Selain itu, mengenai pemulangan jenazah, Wakil Kepala Densus (Wakadensus) Polri, Kombes (Pol) Idham Azis masih saja membual tentang penolakan warga khususnya di daerah asal Anas Wirianto. Padahal, pihak keluarga sudah memenuhi segala prosedur termasuk mengirimkan surat persetujuan warga diwakili tokoh masyarakat setempat terkait pemakaman Anas Wirianto di Bima.


Komisi III juga mempertanyakan tentang tidak adanya biaya pemulangan oleh Densus88, Wakadensus Idham Azis pun terlihat canggung sambil membantah. "Tidak, tidak dikenakan biaya pemulangan," kata Idham.


Bahkan Wakil Ketua Komisi III, Al Muzammil Yusuf menegaskan jika tak ada biaya pemulangan Komisi III siap membiayainya. “kalau Densus ngga mampu memulangkan, biar Komisi III saweran,” tegas Muzamil.


Idham pun berjanji bahwa jenazah tersebut akan dipulangkan seluruhnya paling lambat hari Jumat (1/2/2013) pekan ini. "Proses pemulangan kan sudah berjalan. Mudah-mudahan paling lambat Jumat sudah dipulangkan," tuturnya.


Dijanjikan pemulangan jenazah oleh Densus 88,  rencananya pihak keluarga akan terus meminta konfirmasi dan bila sudah siap, mereka akan mengurus kepulangan jenazah.





sumber :  (voaislamdotcom)